Senin, 07 November 2011

Tugas 1 SOFTSKILL

Suku Ainu Ras "Bekas" Pribumi Jepang
Ainu, minoritas Jepang
wilayah jepang yang akhirnya terdesak ke utara ketika etnis jepang atau Ras Yamato (Anak-Anak Matahari) memperluas wilayah mereka dengan peperangan yang menyebabkan kekalahan di pihak ainu. penelitian DNA mutakhir mengemukakan bahwa suku ainu adalah keturunan dari suku jomon kuno di Jepang. Suku Ainu yang tinggal di tempat ini sertus ribu tahun sebelum Anak-suku Ainu sebuah suku atau etnis manusia yang tersebar di wilayah utara Jepang. Banyak orang yang salah interpretasi  bahwa suku ainu adalah ras jepang. padahal suku ini adalah ras tersendiri yang memang menempati wilayah utara Jepang yang mempunyai budaya dan adat tersendiri. Suku Ainu adalah sebuah kelompok etnis pribumi Jepang yang menetap di pulau Hokkaido (pulau besar Jepang yang terletak di wilayah utara). Kepulauan Kuril (dekat dengan rusia) dan sebagian besar Sakhalin (sebuah pulau di utara Jepang yang termasuk wilayah Russia).
Ainu artinya adalah Manusia dalam bahasa Ainu sendiri yang di yakini berasal dari bentuk leluhur kata Ainu Sakhalin modern enciw atau enju yang juga berarti "Manusia" asal-usul suku Ainu belum sepenuhnya di ketahui. Mereka seringkali diaanggap jommon jin atau penduduk jepang yang berasal dari era jomon.
Di lain pihak ada yang menyebutkan bahwa mereka adalah migran dari ras mongoloid yang berasimilasi pada anak matahari datang, di kisahkan dari salah satu Yukar Upopo (legenda Ainu mereka). prefektur Hokkaido dengan ibukota di sapporo. Pada era Meiji suku Ainu di Reformasi, di paksa oleh pemerintah Jepang untuk berasimilasi dengan orang Jepang (Suku Yamato). Dan pada Akhirnya tidak boleh menggelar kebudayaan dan adat istiadat mereka termasuk berbahasa Ainu.
Pria dan Wanita Suku Ainu
Ciri fisik dari etnis Ainu sedikit lebih pendek dari orang Jepang pada umumnya (Ras Yamato), tubuh mereka kuat dan proporsioal, tulang pipi tinggi dengan hidung pendek, wajah lebar dan rambut lebat berombak serta memiliki mata coklat gelap. karena dalam adat, Ainu Pria tidak mencukur jenggot dan kumis mereka sampai periode tertentu. Pria dan Wanita Ainu suka memakai anting dan kalung manik-manik. Rumah mereka terbuat dari jerami dengan sedikit mebel sederhana.

Sumber : yuiworld.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More