This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Senin, 15 April 2013

WAYANG FAVORIT




Raden Werkudara atau Bima merupakan putra kedua dari Dewi Kunti dan Prabu Pandudewanata. Tetapi ia sesungguhnya adalah putra Batara Bayu dan Dewi Kunti sebab Prabu Pandu tidak dapat menghasilkan keturunan. Ini merupakan kutukan dari Begawan Kimindama. Namun akibat Aji Adityaredhaya yang dimiliki oleh Dewi Kunti, pasangan tersebut dapat memiliki keturunan.

Pada saat lahirnya, Werkudara berwujud bungkus. Tubuhnya diselubungi oleh selaput tipis yang tidak dapat disobek oleh senjata apapun. Hal ini membuat pasangan Dewi Kunthi dan Pandu sangat sedih. Atas anjuran dari Begawan Abiyasa, Pandu kemudian membuang bayi bungkus tersebut di hutan Mandalasara. Selama delapan tahun bungkus tersebut tidak pecah-pecah dan mulai berguling kesana kemari sehingga hutan yang tadinya rimbun menjadi rata dengan tanah. Hal ini membuat penghuni hutan kalang kabut. Selain itu para jin penghuni hutan pun mulai terganggu, sehingga Batari Durga, ratu dari semua makhluk halus, melapor pada Batara Guru, raja dari semua dewa. Lalu, raja para dewa itu memerintahkan Batara Bayu, Batari Durga, dan Gajah Sena, anak dari Erawata, gajah tunggangan Batara Indra, serta diiringi oleh Batara Narada untuk turun dan memecahkan bungkus bayi tersebut.



Nama-nama lain bagi Bima adalah Bratasena (nama yang di gunakan sewaktu masih muda), Werkudara yang berarti perut srigala, Bima, Gandawastratmaja, Dwijasena, Arya Sena karena di dalam tubuhnya menunggal tubuh Gajah Sena, Wijasena, Dandun Wacana, di dalam tubuhnya menunggal raja Jodipati yang juga adik dari Prabu Yudistira, Jayadilaga, Jayalaga, Kusumayuda, Kusumadilaga yang artinya selalu menang dalam pertempuran, Arya Brata karena ia tahan menderita, Wayunendra, Wayu Ananda, Bayuputra, Bayutanaya, Bayusuta, Bayusiwi karena ia adalah putra batara Bayu, Bilawa, nama samaran saat menjadi jagal di Wiratha, Bondan Peksajandu yang artinya kebal akan segala racun, dan Bungkus yang merupakan panggilan kesayangan Prabu Kresna.
Werkudara memiliki saudara Tunggal Bayu yaitu, Anoman, Gunung Maenaka, Garuda Mahambira, Ular Naga Kuwara,Liman/ Gajah Setubanda, Kapiwara, Yaksendra Yayahwreka, dan Pulasiya yang menunggal dalam tubuh Anoman sesaat sebelum perang Alengka terjadi (zaman Ramayana).
Werkudara yang bertubuh besar ini memiliki perwatakan berani, tegas, berpendirian kuat, teguh iman. Selama hidupnya Werkudara tidak pernah berbicara halus kepada siapapun termasuk kepada orang tua, dewa, dan gurunya, kecuali kepada Dewa Ruci, dewanya yang sejati, ia berbicara halus dan mau menyembah.
Selama hidupnya Werkudara berguru pada Resi Drona untuk olah batin dan keprajuritan, Begawan Krepa, dan Prabu Baladewa untuk ketangkasan menggunakan gada. Dalam berguru Werkudara selalu menjadi saingan utama bagi saudara sepupunya yang juga sulung dari Kurawa yaitu Duryudana.
Para Kurawa selalu ingin menyingkirkan Pandawa karena menurut mereka Pandawa hanya menjadi batu sandungan bagi mereka untuk mengusasai kerajaan Astina. Kurawa menganggap kekuatan Pandawa terletak pada Werkudara karena memang ia adalah yang terkuat diantara kelima Pandawa. di kayangan Sapta Pratala Di sini Werkudara kemudian berkenalan dan menikah dengan putri Sang Hyang Antaboga yang beranama Dewi Nagagini. Dari perkawinan itu mereka memiliki seorang putra yang kelak menjadi sangat sakti dan ahli perang dalam tanah yang dinamai Antareja. Setelah para Pandawa meninggalkan kayangan Sapta Pratala, mereka memasuki hutan. Di tengah Hutan para Pandawa bertemu dengan Prabu Arimba yang merupakan putra dari Prabu Tremboko yang pernah dibunuh Prabu Pandu atas hasutan Sengkuni. Mengetahui asal usul para Pandawa, Prabu Arimba kemudian ingin membunuh mereka, tetapi dapat dihalau dan akhirnya tewas di tangan Werkudara. Namun Adik dari Prabu Arimba bukannya benci tetapi malah menaruh hati pada Werkudara. Sebelum mati Prabu Arimba menitipkan adiknya Dewi Arimbi kepada Werkudara. Karena Arimbi adalah seorang rakseksi, maka Werkudara menolak cintanya. Lalu Dewi Kunti yang melihat ketulusan cinta dari Dewi Arimbi bersabda, “ Duh ayune, bocah iki…” (Duh cantiknya, anak ini..!) Tiba-tiba, Dewi Arimbi yang buruk rupa itu menjadi cantik dan lalu diperistri oleh Werkudara. Pasangan ini akhirnya memiliki seorang putra yang ahli perang di udara yang dinamai Gatotkaca. Gatotkaca lalu juga diangkat sebagai raja di Pringgandani sebagai pengganti pamannya, Prabu Arimba.



Selain Gatotkaca dan Antareja, Werkudara juga memiliki putra yang ahli perang dalam air yaitu Antasena, Putra Bima dengan Dewi Urangayu, putri dari Hyang Mintuna, dewa penguasa air tawar.



Dalam perang besar Baratayuda Jayabinangun Werkudara berhasil membunuh banyak satria Kurawa, diantaranya, Raden Dursasana, anak kedua kurawa yang dihabisinya dengan kejam pada hari ke 16 Baratayuda untuk melunasi sumpah Drupadi yang hanya akan menyanggul dan mengeramas rambutnya setelah dikeramas dengan darah Dursasana setelah putri Pancala tersebut dilecehkan saat Pandawa kalah bermain dadu. Bima juga membunuh adik- adik Prabu Duryudana yang lain seperti, Gardapati di hari ke tiga Baratyuda, Kartamarma, setelah Baratayuda, dan Banyak lagi. Werkudara pun membunuh Patih Sengkuni di hari ke 17 dengan cara menyobek kulitnya dari anus sampai ke mulut untuk melunasi sumpah ibunya yang tidak akan berkemben jika tidak memakai kulit Sengkuni saat Putri Mandura tersebut dilecehkan Sengkuni pada pembagian minyak tala. Hal tersebut juga sesuai dengan kutukan Gandamana yang pernah dijebak Sengkuni demi merebut posisi mahapatih Astina bahwa Sengkuni akan mati dengan tubuh yang dikuliti Pada hari terakhir Baratayuda, semua perwira Astina telah gugur, tinggal saingan terbesar Werkudaralah yang tersisa yaitu raja Astina sendiri, Prabu Duryudana. Pertarungan ini diwasiti oleh Prabu Baladewa sendiri yang merupakan guru dari kedua murid dengan aturan hanya boleh memukul bagian tubuh pinggang keatas. Dalam pertarungan itu Duryudana tubuhnya telah kebal dan hanya paha kirinya yang tidak terkena minyak tala, karena ia tidak mau membuka kain penutup kemaluannya yang masih menutupi paha kirinya saat Dewi Gendari mengoleskan minyak tersebut ke tubuh Duryudana. Banyak pihak yang menyalah artikan paha ini dengan mengatakan betis kiri. Sebenarnya yang betul adalah paha karena dalam bahasa Jawa wentis adalah paha bukan betis. Duryudana yang mencoba memukul paha kiri Werkudara gagal karena di paha kiri Werkudara bersemayam arwah Kumbakarna yang mengakibatkan paha kiri Bima menjadi sangat kuat, ditempat lain Werkudara mulai kewalahan karena Duryudana kebal akan segala pukulan Gada Rujak Polonya.
Akhir riwayatnya, Werkudara mati moksa bersama-sama saudara-saudaranya dan Dewi Drupadi

KEBIJAKAN UNTUK MEMENANGKAN GLOBALISASI


KEBIJAKAN UNTUK MEMENANGKAN GLOBALISASI
Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Khususnya, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia.
Ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi.
Munculnya globalisasi yang mendunia, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap aspek kehidupan bangsa. Sehingga masyarakat sulit untuk menyaring perkembangan teknologi yang muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat sendirilah yang harus pintar-pintar menyikapinya. Dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan yang ada dan jangan memaksakan budaya luar yang sulit diterima oleh masyarakat. Maka dari itu, perlu ditanamkan sikap kecintaan terhadap budaya sendiri dan menanamkan nilai-nilai pancasila.
Nah dengan adanya globalisasi, timbulah dampak  dari sisi positive dan negative, nah untuk menanggulangi dampak yag di timbulkan sama globalisasi ini kebijakan yang perlu disiapkan adalah
Pertama, mencerdaskan bangsa dengan membangun pendidikan yang baik dan berkualitas, karena dengan pendidikan yang baik maka akan melahirkan generasi penerus bangsa yang mampu bersaing dengan negara luar baik dalam bidang IPTEK atau yang lainnya.
Kedua, mempermudah akses komunikasi salah satunya yaitu internet, agar masyarakat Indonesia bisa belajar dengan  perkembangan dan kemajuan di dunia. Saling share pengetahuan dengan warga negara asing. Dengan maksud masyarakat Indonesia bisa lebih cerdas. Namun disamping itu saya akan mempermudah pengaksesan komunikasi melalui internet. Serta memperhatikan pendidikan bagi masyarakat yang awam terhadap komunikasi berbasis teknologi seperti internet. Dengan itu masyarakat akan lebih mengenal teknologi secara merata sampai ke daerah terpencil. Karena sampai pada saat ini, akses komunikasi untuk internet masih sulit didapat pada daerah terpencil.
Ketiga, mengadakan kebijakan standarisasi produk yang akan dieksport seperti standarisasi bahan, standarisasi original produk agar barang yang akan di eksport tidak kalah bersaing dengan produk negara lainnya, standarisasi ini bisa juga di berlakukan bagi barang barang yang akan di perkenalkan sebagai barang asli Indonesia yang dimaksudkan agar tidak ada lagi negara asing yang mengaku-ngaku kebudayaan Indonesia sebagai budayanya sendiri.
Keempat, melaksanakan pendidikan kepada para petani dan para pemilik industri kecil maupun besar agar produk mereka memiliki standar yang sesuai dengan standar internasional, karena jika kualitas sudah memenuhi standar internasional kita akan mudah bersaing dengan negara lain menjadi raja di negeri sendiri maupun internasional.
Kelima, membuat regulasi pada standar barang yang dapat masuk ke negara kita, karena selama ini barang dari luar yang kualitas rendah dan harga miring adalah barang yang diminati oleh masyarakat, sementara produk dalam negeri yang memiliki kualitas lebih baik tetapi dari segi harga lebih mahal akan kurang diminati.Membuat regulasi agar barang yang kualitasnya lebih buruk dari produk dalam negeri tidak dapat masuk. Jadi selain kita menaikkan standar mutu produk lokal, kita juga harus menyeleksi secara ketat kualitas barang yang akan masuk ke negara kita.
Tidak menutup kemungkinan bahwa lambat laun Indonesia akan memenangkan globalisasi karena sukses dalam ekspor ini itu jadi sebagai warga Indonesia yang baik kita seharusnya lebih bangga dengan menggunakan produk-produk asli buatan tangan-tangan terampil orang Indonesia.

PERDUKUNAN VS GLOBALISASI


PERDUKUNAN VS GLOBALISASI

Dukun,apa yang anda pikirkan tentang arti kata tersebut setelah mendengarnya,mungkin sebagian banyak orang jika sudah mendengar kata tersebut berhubungan dengan hal-hal ghaib atau  negatif,yang sebenarnya itu bertentangan dengan agama.Sebenarnya definisi dukun adalah orang yang mengobati, menolong orang sakit, memberi jampi-jampi seperti mantra, guna-guna, dan lain sebagainya. Sebenarnya dukun dan perdukunan bukanlah sesuatu yang baru atau asing dalam sejarah kehidupan manusia. Keberadaannya sudah sangat lama, bahkan sebelum datangnya Islam dan diutusnya Nabi kita Muhammad,dukun sudah ada.

Dukun dalam bahasa Arab disebut Kahin dan tukang ramal disebut 'Arraf. Pengertian 'Arraf (tukang ramal) adalah: orang yang mengaku mengetahui kejadian yang telah lewat, yang bisa menunjukan barang yang dicuri atau tempat hilangnya suatu barang. Pengertian Kahin (dukun) adalah: orang yang memberitakan hal-hal yang ghaib yang akan terjadi atau sesuatu yang terkandung di hati. Jadi dalam istilah kita dukun dan tukang ramal adalah orang yang mengaku mengetahui kejadian yang akan datang baik itu kabar baik atau jelek, dapat menunjukan barang yang dicuri atau tempat kehilangan suatu barang dan tahu hal-hal yang ghaib serta sesuatu yang ada dalam hati.

Dukun sangat kental dengan tradisi kebudayaan Jawa sebagai penolong orang sakit atau tabib, perantara dunia nyata dengan dunia gaib, dan juga dipakai sebagai simbol adat pada setiap upacara tradisional.Perdukunan sangat erat dengan kepercayaan akan para leluhur seperti animisme dan dinamisme di Indonesia, seperti dalam tradisi Jawa, Sunda, Madura, dan Dayak

Semuanya ini memberikan gambaran yang nyata, bahwa perdukunan memang sudah dikenal lama oleh masyarakat kita. Dan ilmu ini pun turun-menurun saling diwarisi oleh anak-anak bangsa, hingga saat ini para dukun masih mendapatkan tempat bukan saja di sisi masyarakat tradisional, tetapi juga di tengah lingkungan modern. Hasilnya kini mereka yang pergi ke dukun kemudian percaya pada kekuatan magis dan menjalankan praktik perdukunan tak mengenal status sosial: kelas bawah, menengah bahkan atas.Sensasi para dukun itu mampu melampaui semua tingkat pendidikan. Banyak di antara mereka yang datang ke dukun merupakan representasi orang-orang terpelajar yang berpikiran Irasional. Perdukunan ini sama saja seperti kepercayaan, tidak akan hilang kepercayaan tersebut dari dalam hatinya karena dia meyakini apa yang dianggap benar, biasanya orang-orang yang ingin cepat kaya dapat banyak harta melakukan segala cara untuk mendapatkan segalanya denga singkat tanpa kerja keras.

Kepercayaan tentang perdukunan ini juga di pengaruhi dengan tingkat pendidikan yang rendah, kekecewaan terhadap penguasa yang tidak bisa membantu rakyat miskin dalam mendapatkan haknya, serta kemiskinan yang terus meningkat.

Walaupun globalisasi sudah dicanangkan namun apabila kesadaran masyarakat tentang ilmu pengetahuan masih kurang peraktek perdukunan akan tetap ada selama masih ada kepercayaan bahwa dukun merupakan sarana meminta.

Sebenarnya, dukun atau paranormal tidak ada bedanya, karena itu Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah t mengemukakan, bahwa paranormal adalah nama lain dari dukun dan ahli nujum (Fathul Majid, hal. 338). Maka, dukun atau paranormal adalah dua nama yang saling terkait, kadang salah satunya menjadi penanda bagi yang lainnya.
Padahal, di dalam Al-Qur’an disebutkan dengan jelas dan pasti, bahwa hanya Allah l yang mengetahui yang ghaib, adapun selain-Nya tidak.

Allah berfirman:“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (Al-An’am: 59)

Dari semua hal yang telah dibahas dan diuraikan dalam Al-Quran semoga kita semua tidak terjerumus kedalam hal tersebut

Sabtu, 16 Maret 2013

KEBIJAKAN SEORANG PEMIMPIN DENGAN 2/3 WILAYAH AIR


BILA SAYA MENJADI PEMIMPIN DI SUATU WILAYAH DENGAN 2/3 AIR KEBIJAKAN – KEBIJAKAN YANG AKAN DILAKUKAN ADALAH :

Bila saya mejadi seorang pemimpin di suatu wilayah dengan 2/3 air maka yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut :

1.     Irigasi (pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
2.     Emigrasi yakni mengajak penduduk untuk bertransmigrasi
3.     Edukasi yakni memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan
4.     Menetapkan sistem sewa tanah (landren). Untuk menentukan besarnya pajak, tanah dibagi menjadi 3 kelas, yaitu sebagai berikut.
- Kelas I, yaitu tanah yang subur, dikenakan pajak setengah dari hasil bruto.
- Kelas II, yaitu tanah setengah subur, dikenakan pajak sepertiga dari hasil bruto.
- Kelas III, yaitu tanah tandus, dikenakan pajak dua per lima dari hasil bruto.
5.     Transportasi adalah prioritas utama jadi saya akan membangun water way dengan segala fasilitas yang baik & bersih juga menerapkan jalur jalur khusus dimana dapat dilintasi oleh perahu – perahu. terutama kapal - kapal besar kecuali perahu nelayan. Sedangkan di darat saya akan membangun jalur kereta bawah tanah dengan menyediakan jadwal semua rute perjalanan & membatasi kendaraan tua/yang sudah tidak layak jalan . Dimaksudkan agar wilayah tersebut dapat terjaga kebersihannya.
6.     Membangun PLTA (pembangkit listrik tenaga air) supaya kita tidak terlalu banyak menggunakan bahan bakar fosil yang bisa merusak lapisan ozon & alam bumi beserta isinya.
7.     Mengajak masyarakat untuk menjaga terumbu karang laut & menanam kembali pohon bakau untuk mencegah abrasi.
8.     Mengembangkan & membantu para petambak ikan, petani, & nelayan dengan memberikan modal dan sistem pembayarannya dengan cara bagi hasil.

Selasa, 12 Maret 2013

Indahnya Pantai Anyer


TEMPAT WISATA FAVORIT YANG PALING BERKESAN BAGI SAYA


PANTAI ANYER

2 tahun lalu saya beserta rombongan teman-teman satu sekolah pergi ke Pantai Anyer. Untuk perpisahan sekolah. Perjalanan dari Bekasi menuju Anyer memakan waktu 5 jam. Terbayang betapa lelahnya kami saat turun dari dalam bis. Saya terkantuk-kantuk membawa ransel saya menuju cottage pinggir pantai ini. Suasana sangat sepi. Pohon-pohon Kelapa yang besar-besar menaungi jalan dan cottage-cottage yang kami tempati. Sudah hilang minat saya untuk ikut makan malam karena lelah, padahal bau jagung bakar begitu merangsang selera. Prioritas saya saat itu cuma satu, yaitu nyungsep di kasur dengan damai.
Pagi hari tiba, saya terbangun dengan sendirinya tanpa mengganggu teman lainnya yang masih terlelap di alam mimpi hahaha,  memandang keluar jendela kamar, saya terhenyak. Pantai Anyer begitu indah dipandang mata. Rerumputan hijau melandai menuju pantai. Ada laguna buatan yang bisa dipakai untuk bermain air, Pantai tampak sepi. Tampak gunung Krakatau di kejauhan, gunung yang tumbuh dari dasar laut itu seakan menceritakan bahwa dialah, penyebab tsunami dahsyat dan ledakan yang membuat udara kelam berdebu dibawa angin sampai jauh. Untuk yang ingin menikmati romantisme bersama pasangan atau liburan keluarga tanpa adanya hiruk pikuk yang berlebihan, saya pikir pantai Anyer ini sangat cocok. Malamnya acara puncak yaitu salam – salam serta memberikan ucapan terima kasih kepada guru2 yang sudah mengajar selama 3 tahun kemudian tengah malamnya acara barbeque dan banyak teman-teman yang tidak hadir dan memilih langsung tidur saking capeknya sayapun tidak sampai habis mengikuti acara malam itu dan memilih langsung tidur.

Berikut adalah momen2 yang berhasil diabadikan pada saat di anyer :


pagi di pantai anyer


Persiapan puncak acara perpisahan sma


setelah acara perpisahan sma


Barbeque Party

Banyak tempat wisata yang sudah saya kunjungi khususnya di daerah jawa barat namun ada satu tempat wisata yang menurut saya paling berkesan yang pernah saya kunjungi tempat wisata tersebut adalah pantai anyer yang ada di banten kenapa tempat itu bisa membuat saya terkesan meskipun saya hanya satu kali saja berkunjung di sana karena pertama selain view dan permainan air yang banyak waktu itu juga bertepatan dengan hari berakhirnya masa sma saya dan ingin mulai memasuki bangku kuliah atau hari perpisahan sma.

MAKANAN FAVORIT


MAKANAN FAVORIT SAYA ADALAH NASI  + AYAM BAKAR PADANG



Resep Mudah Praktis : Ayam Bakar Padang

Setiap kali diajak makan di rumah makan Padang milik bapak yang ada di daerah grogol tepatnya depan pasar grogol/jln. Dr. Muwardi II no 39 atau ga yang di daerah pluit tepatnya sebrang emporium pluit.. hahaha promosi dikit, Ayam Bakar Padang gak pernah saya lewatin.. Enaaaakk banget soalnya..
Rasanya yang pedas asin gurih dipadu dengan bumbu rendang dan bumbu rempah yang merasuk sampai kedalam tulang wow bangett rasanya..
┼┼ee┼┼ee.. ┼┼ee┼┼ee.. =))
Ok langsung saja, berikut resepnya...

Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Ayam buras / kampung pejantan  – 5 ekor Pilih ayam yang beratnya 6 – 6.5 ons per ekor Satu ekor dibagi menjadi 4 potong ( 2 dada, 2 paha ) Dibersihkan dan dibuang kulitnya.
2.  Kayu manis – 1 batang, dibagi jadi 3 bagian.
3.  Daun jeruk – 10 lembar
4.  Daun kunyit – 2 lembar
5.  Daun salam – 5 lembar
6.  Daun bawang merah – 3 batang
7.  Daun sereh – 4 batang, dikeprak / diremukan
8.  Santan dari 4 butir kelapa
9.  Cabe merah besar giling – 8 ons
10. Jahe giling – 7 ons
11. Laos giling – 8 ons
12. Kunyit giling – 2 ons
13. Kemiri giling – 7 ons
14. Ketumbar giling – 1 sendok makan
15. Bumbu racikan – 1/2 sendok makan
Bumbu racikan dibuat dari : kapol, peka, pala,  cengkeh, adas manis, jintan, cabe jawa, kapol laga hijau, kayu manis, ketumbar, lada
16. Asam kendis – 4 biji

Cara masak :

1.  Santan dan semua bumbu di atas dimasukan ke dalam kuali,  lalu  diaduk  supaya merata sampai agak kental.
2.  Angkat daun jeruk, dalam salam,  daun kunyit, sereh, asam kendis, kayu  manis.
3.  Sereh dan daun bawang merah diiris halus dan dicampurkan ke dalam kuali dan diaduk.
4.  Masukan potongan ayam ke dalam kuali diaduk dengan api kecil sekitar 10 menit.
5.  Sesudah itu ayamnya diangkat.

Membakar ayam :

1.  Siapkan arang dengan api yang membara.
2.  Letakan ayam di atas panggangan dan dikipas.
3.  Setelah itu diangkat.
4.  Tambahkan bumbu dari kuali tadi, kemudian dibakar.
5.  Ayam dibakar bolak balik.

SUMBER RESEP :
http://www.masakan-padang.com/resep-ayam-bakar-padang/

peta pulau terluar Indonesia


PETA INDONESIA
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dunia yang mempunyai 17.508 pulau. Indonesia terbentang antara 6 derajat garis lintang utara sampai 11 derajat garis lintang selatan, dan dari 97 derajat sampai 141 derajat garis bujur timur serta terletak antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia/Oceania. Posisi strategis ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Apabila perairan antara pulau-pulau itu digabungkan, maka luas Indonesia menjadi 1.9 juta mil persegi.
Lima pulau besar di Indonesia adalah : Sumatera dengan luas 473.606 km persegi, Jawa dengan luas 132.107 km persegi, Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia) dengan luas 539.460 km persegi, Sulawesi dengan luas 189.216 km persegi, dan Papua dengan luas 421.981 km persegi.

PERBATASAN PULAU MALUKU DENGAN NEGARA LAIN



Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas adalah salah satu provinsi tertua di Indonesia. Ibukotanya adalah Ambon. Pada tahun 1999, sebagian wilayah Provinsi Maluku dimekarkan menjadi Provinsi Maluku Utara, dengan ibukota di Sofifi. Provinsi Maluku terdiri atas gugusan kepulauan yang dikenal dengan Kepulauan Maluku.
Profil Provinsi Maluku:
  • Nama Provinsi                       : Maluku
  • Asal kata “Maluku”             : “Al-mulk” (Tanah Para Raja)
  • Tanggal Berdiri                     : 1 Juli 1958
  • Dasar Pendirian                    : UU No. 20 Tahun 1958
  • Ibu Kota                                : Ambon
  • Luas Wilayah                       : Kurang lebih 705.645 km2
  • Posisi/Letak Geografis        :  2 030 ' - 90  Lintang Selatan dan 1240-136Bujur Timur
  • Jumlah Kabupaten/Kota      : 12 Kabupaten/2Kota
  • Jumlah Kecamatan              : 86 Kecamatan
  • Jumlah Desa                          : 999 Desa
  • Nama Gunung                       : 
- Gunung Api Banda 667 m di P. Banda
- Gunung Binaya 3055 m di P. Seram
- Gunung Kepala Madan 2.429 m di P.Buru
- Gunung Salahutu 1036 m di P. Ambon
  • Suku Bangsa                          : Didominasi oleh ras suku bangsa Melanesia Pasifik
  • Bahasa                                    : Melayu Ambon , Tulehu, Kai, Banda,Seith, Yamdena  , Kisar, Dammar, Paulohy, Dawera-Daweloor, (lebih dari 130 bahasa)
  • Agama                                    : Islam (50,6%), Protestan (41%), Katolik (9%) Lainnya (1%)
  • Gubernur                               : Brigjen TNI (Purn) Karel Albert Ralahalu
  • Tarian                                    : Tari Lenso, Tari Cakalele
  • Alat musik tradisional           : Tifa
  • Situs web                                : www.malukuprov.go.id


Letak Geografis Provinsi Maluku
Menurut letak astronomis, maka wilayah Provinsi Maluku terletak antara:
030 '   -    90  Lintang Selatan / Southern Latitude
124 0      -    1360 Bujur Timur / Eastern Longitude
Batas Wilayah Provinsi Maluku
1.   Sebelah Utara Berbatasan dengan Laut Seram
2.   Sebelah Selatan Berbatasan dengan Lautan Indonesia dan Laut Arafuru
3.   Sebelah Timur Berbatasan dengan Pulau Irian
4.   Sebelah Barat Berbatasan dengan Pulau Sulawesi

1.    Iklim
Iklim dan Klasifikasi
Daerah Maluku mengenal 2 musim yakni : musim barat atau utara dan tenggara atau timur yang di selingi oleh dua macam pancaroba yang merupakan transisi kedua musim tersebut.
Musim barat di Maluku berlangsung dari bulan Desember sampai bulan Maret, sedangkan bulan April adalah masa transisi ke musim tenggara. Musim tenggara berlaku rata-rata 6 bulan berawal dari bulan Mei dan berakhir pada bulan Oktober. Masa transisi ke musim barat adalah pada bulan November.
Keadaan musim tidak homogen dalam arti setiap musim berlaku di daerah ini memberikan pengaruh yang berbeda-beda pada daratan maupun lautannya.
Temperatur rata-rata 26,2 C (di Maluku Tenggara terutama pada musim hujan).

Klasifikasi
  • Berdasarkan klasifikasi Koppen, iklim di Maluku tergolong type Alpa, dan hanya sebagian kecil yang tergolong type Ae, seperti daerah-daerah Obi, Tual dan Dobo.
  • Berdasarkan klasifikasi Schmid Fergusen, iklim di Maluku tergolong type A dan B dan hanya sebagian kecil saja tergolong type C seperti Daerah Tual ( Maluku Tenggara ).
Keadaan curah hujan di Maluku dapat dibagi 4 katagori :
  • Curah Hujan di Maluku 1.000 mm/thn. Terjadi di pulau Wetar dan sekitarnya.
  • Curah hujan antara 1.000 - 2.000 mm / thn, terjadi di pulau babar, Tanibar, Aru dan sebagian pulau Buru, kepulauan Sula, Bacan dan sekitar Tobelo.
  • Curah hujan antara 2.000 - 3.000 mm / thn. Terjadi di pulau Seram, Gorom, Obi, Morotai dan Kei Kecil.
  • Curah hujan lebih dari 3.000 mm / thn terdapat dipulau Lease, pulau Kei kecil, P.Ambon dan Kao.
- Curah hujan tertinggi terdapat di gunung Darlisa (di pulau Seram bagian barat ) sebesar 3.384 mm / tahun.
- Curah hujan terendah terdapat di Tiwakr (pulau Wetar) sebesar 991 mm / tahun.
SEJARAH MALUKU
Maluku memiliki sejarah yang panjang mengingat daerah ini telah dikuasai bangsa asing selama kurang lebih 2300 tahun lamanya dengan didominasi secara berturut-turut oleh bangsa Arab, Portugis, Spanyol dan Belanda serta menjadi daerah pertempuran sengit antara Jepang dan Sekutu pada era Perang Dunia ke II.



 ARTI LAMBANG SIWALIMA

“SIWALIMA” merupakan motto lambang Provinsi Maluku yang artinya milik bersama atas dasar Siwalima, memupuk persatuan dan kesatuan untuk mencapai kesejateraan bersama. Logo siwalima yang berlatar belakang perisai/salawaku didalamnya terdapat lukisan daun sagu dan daun kelapa, mutiara, cengkeh, dan pala, tombak, gunung, laut dan perahu.

  •           Daun Sagu, menggambarkan bahwa makanan pokok di daerah Maluku adalah sagu yang melambangkan kehidupan.
  •           Daun Kelapa, menggambarkan hasil bumi berupa kelapa, yang banyak terdapat di Maluku.
  •           Mutiara, merupakan hasil laut yang khas dari daerah Maluku.
  •           Tombak, menggambarkan sikap ksatria dan gagah berani.
  •           Gunung, melambangkan kekayaan hasil hutan yang melimpah.
  •           Laut dan perahu, melambangkan persatuan dan kesatuan yang abadi.
Jumlah pucuk daun kelapa sebanyak 17, melambangkan tanggal 17, sedangkan jumlah butir mutiara sebanyak 8, melambangkan bulan 8 (agustus), dan pucuk daun sagu sebanyak 45, melambangkan tahun 45 (1945). Kesemuanya itu melambangkan hari yang sangat bersejarah, yaitu Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945.

8 PULAU TERLUAR YANG ADA DI PROVINSI MALUKU


No.
Nama pulau
Koordinat titik terluar
Perairan
Wilayah administrasi
Negara terdekat
1.
Ararkula
 5°35′42″S 134°49′5″E
Laut Aru
Kabupaten Maluku TenggaraMaluku
Australia
2.
Asutubun
 8°3′7″S 131°18′2″E
Laut Timor
Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku
Timor Leste
3.
Batarkusu
8°20′30″S 130°49′16″E
Laut Timor
Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku
Timor Leste
4.
Batu Goyang
 7°57′1″S 134°11′38″E
Laut Aru
Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku
Australia
5.
Enu
 7°6′14″S 134°31′19″E
Laut Arafuru
Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku
Australia
6.
Jiew
 0°43′39″N 129°8′30″E
Laut Halmahera
Halmahera, Maluku Utara
Palau
7.
Karang
 7°1′8″S 134°41′26″E
Laut Aru
Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku
Australia
8.
Karaweira
 6°0′9″S 134°54′26″E
Laut Aru
Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku
Australia


Pulau Karaweira
Koordinat :  6°0′9″LS,134°54′26″BT
Karaweira

Peta lokasi pulau Karaweira


Koordinat
6°0′9″LS,134°54′26″BT
Negara
Indonesia
Gugus kepulauan
-
Provinsi
Maluku
Kabupaten
Kabupaten Kepulauan Aru
Garis pantai
7.926 km
Luas
0.6772 km2
Populasi
-
Kota terbesar
-



Pulau Karaweira adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Aru dan berbatasan dengan negara Australia.Pulau Karaweira (berdasarkan Perpres No. 78 Tahun 2005), sebenarnya secara fisik merupakan hamparan pecahan karang mati yang tenggelam saat pasang. Pulau ini tidak berpenghuni dan oleh masyarakat setempat pulau ini disebut juga Pulau Kararai. Karaweira merupakan kelompok gugus pulau kecil yang terbagi atas dua bagian yakni Karaweira Besar (1 buah pulau yang bernama Karaweira Besar dengan luas 1, 781 km2) dan Karaweira Kecil (terdiri dari 6 buah pulau dan hanya 1 pulau yang diberi nama, yaitu Pulau Doriau dengan luas 0,3755 km2).
Secara administrasi, Pulau Karaweira termasuk dalam wilayah Desa Mariri, Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Luas Pulau secara keseluruhan mencapai 0,6772 km2 dengan keliling pulau sepanjang 7,926 km. Secara geografis, letak Pulau Karang berada pada titik koordinat 060 00’ 09” LS ; 134o 54’ 26” BT. Di pulau ini terdapat Titik Dasar No. TD 098 dan Titik Referensi No. TR 098.
Akses Transportasi
Untuk menuju Pulau Karaweira, tidak ada transportasi umum atau reguler yang menghubungkan Desa Mariri dengan Dobo (Ibukota Kabupaten Kepulaua Aru) maupun dengan Benjina (Ibukota Kecamatan Aru Tengah). Sehingga untuk mencapai pulau ini harus menyewa speedboat dari Dobo melewati selat antara Pulau Wokam dan Pulau Kobror dengan waktu tempuh antara 5-6 jam. Perjalanan dari Dobo ke Benjina dengan menggunakan speedboat membutuhkan waktu antara 45 menit hingga 1 jam. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Desa Mariri dari Dobo antara 5,5 – 6 jam. Untuk mencapai Pulau Karaweira dari desa mariri menggunakan speedboat ditempuh dalam waktu antara 30-45 menit.

SUMBER :

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More