Minggu, 27 Oktober 2013

Hal - hal yang sebaiknya dihindari saat Puasa pada bulan Ramadan


1.    Makan berlebihan
Semua tahu puasa itu membuat lapar. Namun jangan berlebihan menikmati hidangan ketika berbuka. Mengkonsumsi kurma sebelum salat Magrib dan baru makan besar setelah salat lebih dianjurkan agar tubuh lebih berenergi.
2.    Merokok di depan umum
Aktivitas yang sebaiknya dihindari. Selain bisa membatalkan puasa, merokok juga bisa mengganggu ibadah orang-orang di sekitar Anda.
3.    Tidur Seharian
Karena selama berpuasa kita tidak makan dan minum, biasanya bawaannya tubuh lemas. Dan kalo seperti ini, biasanya kita jadi malas untuk beraktivtas, dan ujung-ujungnya cuma tidur-tiduran doang. Kalo kerja pun, sambil malas-malasan. Kalo bisa nyolong-nyolong tidur deh. Ini tidak baik. Puasa itu seharusnya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti meningkatkan ibadah atau bekerja seperti layaknya orang tidak berpuasa.
4.    Buka Puasa/Sahur Berlebihan
Kebiasaan makan berlebihan juga harus Anda tinggalkan selama Ramadan. Sebaiknya, makan hidangan bergizi secukupnya agar tubuh tetap sehat dan bugar.
5.    Meninggalkan Tarawih
Memang salat Tarawih sifatnya sunnah/tidak wajib untuk dijalankan selama bulan puasa. Namun menjaga semangat Ramadan untuk berpuasa dan salat Tarawih sebaiknya tetap dijaga agar pahala juga semakin bertambah.
6.    Berpakaian tidak sopan
Memakai busana yang tidak sopan juga sebaiknya dihindari ketika bulan Ramadan tiba. Selain menjaga diri, berpakaian sopan pun akan mampu menjaga hati. Karena orang bisa dilihat kepribadiannya dari bagaimana cara ia menjaga auratnya.
7.    Menghindari hal-hal bersifat makruh
Meskipun tidak membatalkan puasa, ada beberapa hal yang bersifat makruh yang sebaiknya dihindari, misalnya berbohong, mengumpat, bergosip, dan ingkar janji.
8.    Berbelanja berlebihan
Kebiasaan umat muslim saat bulan puasa tiba adalah berbelanja baju baru untuk lebaran. Namun berbelanja secara berlebihan karena ada diskon besar-besaran ada baiknya untuk dihindari agar tidak menyesal di kemudian hari.

Demikian berbagai hal yang sebaiknya dihindari ketika Ramadan semoga amal ibadah dan puasa kita diterima oleh Allah S.W.T

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More