Minggu, 27 Oktober 2013

Cara install Ulang Windows 7 dengan mudah

Install windows biasanya dilakukan bila windows tersebut eror atau terkena virus dan harus dilakukan penginstalan ulang. Banyak orang yang salah dalam menginstal ulang windows mereka sehingga biasanya memerlukan sampai 2 kali install karena salah dalam tahapan-tahapannya di sini saya akan memberikan tata cara mengisnstal windows 7 dengan mudah mohon maaf jika tata bahasanya agak berantakan maklum saya juga baru bisa.. he..he..he ok langsung saja.
1.    Langkah pertama yang harus di persiapkan adalah cd/dvd drive windows7 yang asli ya kalau bisa
2.    Nyalakan computer/laptop anda
3.    Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk. tapi biasanya untuk laptop, or PC BOOT CD/DVDnya  sudah tersetting pertama kali, kalo untuk netbook gak ada CD/DVD ROOMnya, kalo mau bisa pake CD/DVD ROOM EXTERNAL, atau pake Flashdisk juga bisa.
4.    Kalo belum tersetting BOOT nya. Masuk BIOS DULU, caranya Saat restart tekan, F2 atau DEL, F12 ( tergantung Merek Komputer ), pilih boot, nah ubah CD/DVD ke urutan pertama, lalu SAVE.. selesai setting BOOT CD/DVD (terkadang Pada beberapa Laptop merk lain harus menekan tombol Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer sekali lagi tergantung merek).

5.    Dalam  menu Bios akan ada tampilan seperti di bawah ini mungkin akan berbeda di setiap komputer, tapi tinggal sesuaikan saja.

6.    Setelah itu cari Boot Arahkan Boot Pertama Jadi DVD, Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk, Kemudian KLIK F10 save and exit kemudian YES (pastikan cd/dvd drive sudah di masukkan terlebih dulu).
7.    Ketika komputer kembali menyala akan tampil perintah "Press any key to boot from CD or DVD" segera tekan pada sembarang tombol keyboard misalnya ENTER(waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik ga di klik, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi), dan berikutnya akan tampil proses pemuatan file seperti gambar dibawah ini:

8.    Selanjutnya akan tampil menu pengisian Bahasa, format waktu, dan Metode Keyboard, lakukan pengisiannya seperti gambar dibawah ini, dan pilih Next :


9.    Kemudian klik install now seperti di bawah ini :

10.    Selanjutnya akan muncul tampilan berikut ini dan Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next


11.    Klik Upgrade jika Anda sudah mempunyai versi Windows sebelumnya atau Custom (advanced) jika anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin menginstal salinan baru Windows 7. Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.


12. Jika memilih custom (advanced) Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan diinstal Windows 7 Yang Baru. Setelah mengatur semua partisi klik next.
13.    Proses Instalasi Benar-benar dimulai, kalo sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis biarkan saja sampai computer/laptop merstart sendiri.

14.    Menyempurnakan Proses Instalasi Windows, Biarkan saja, jangan klik apapun
15.    Setelah restart secara otomatis Isi Nama untuk Laptop, Komputer, bebas, Trus Klik Next

16.    Jika ingin menggunakkan kata sandi klik pada kotak kosong seperti di gambar

17.    Kemudian Ketik kunci produk Anda dalam kotak-teks dan klik Next. Anda juga dapat melewatkan langkah ini dan cukup klik Next jika Anda ingin mengetik kunci produk nanti. Windows akan berjalan hanya selama 30 hari jika Anda melakukan ini.


18.    Selanjutnya klik use recommended settings


19.    Isi waktu sesuai yang anda kehendaki lalu klik next

20.    Kemudian jreng..jreng..jreng windows 7 sudah terinstal di computer/laptop anda


Catatan: Biasanya dan memang wajib, setiap selesai install windows 7 sebaiknya install juga drivernya seperti Graphics driver, Audio Driver, Network Driver (yang berhubungan dengan driver sesuai merknya), biasanya ada CD / DVD tersendiri dikasih waktu membeli Laptop / Komputer, kalo tidak anda harus download sendiri.
    Setelah anda menginstal setiap satu aplikasi usahakan langsung di restart jika computer/laptop anda meminta agar tidak error memang agak merepotkan tapi jika anda tidak ingin repot dan ingin melanjutkan menginstall tidak apa-apa kok.

















0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More